Pengaruh Promosi Penjualan & Harga Paket Wisata terhadap Minat Pembelian pada PT Bhakti Putra Tour Yogyakarta (Studi kasus pada pembelian paket wisata PT Bhakti Putra Tour Yogyakarta)

Sugianto, Bima Dwi Saputro (2023) Pengaruh Promosi Penjualan & Harga Paket Wisata terhadap Minat Pembelian pada PT Bhakti Putra Tour Yogyakarta (Studi kasus pada pembelian paket wisata PT Bhakti Putra Tour Yogyakarta). Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Bima Dwi Saputro Sugianto, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (740kB)
[img] Text
Bima Dwi Saputro Sugianto, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
Bima Dwi Saputro Sugianto, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bauran pemasaran sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan travel agent dalam memasarkan produk atau jasa untuk menarik minat pembelian. Agar produk yang dipasarkan dapat berhasil, maka perusahaan harus menggunakan konsep pemasaran yang meliputi manfaat, mutu atau kualitas dan kepuasan antara kebutuhan dengan keinginan, sehingga perusahaan akan memperoleh target penjualan yang di inginkan. Selain promosi penjualan, dasar dari minat pembelian paket wisata adalah pertimbangan atas harga. Minat pembelian konsumen memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya minat pembelian konsumen berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh promosi dan harga terhadap minat pembelian di PT Bhakti Putra Tour Yogyakarta. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner. sedangkan data sekunder melalui studi pustaka dan dokumentasi. Jenis sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling terhadap 100 responden wisatawan yang pernah membeli produk di PT Bhakti Putra Tour Yogyakarta minimal satu kali dengan rentang usia 17-40 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel bebas meliputi variabel promosi penjualan, harga paket wisata, dan minat pembelian. Hasil penelitian ini berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel promosi penjualan dan harga paket wisata terhadap variabel minat pembelian sebesar 45.2% dan sisanya sebesar 54.8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis uji F memperoleh nilai F hitung lebih besar dari (>) nilai f tabel (40.019>3.09) dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel promosi penjualan dsn harga paket wisata berpengaruh secara simultan terhadap variabel minat pembelian. Adapun berdasarkan hasil analisis uji t, diketahui bahwa variabel promosi penjualan yang paling berpengaruh terhadap variabel minat pembelian. Hal ini dikarenakan variabel primosi penjualan memiliki nilai t hitung paling tinggi (5,607>1,984) dibandingkan variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 418100588
Uncontrolled Keywords: Pomosi Penjualan, Harga Paket Wisata, Minat Pembelian
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing > Price, Cost, Value
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:29
Last Modified: 09 Nov 2023 03:29
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item