Pengaruh Kualitas Pelayanan Tour Guide Lokal terhadap Kepuasan Wisatawan Lokal di Situs Megalitikum Gunung Padang Kabupaten Cianjur

Khodijah, Dalpa (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Tour Guide Lokal terhadap Kepuasan Wisatawan Lokal di Situs Megalitikum Gunung Padang Kabupaten Cianjur. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Dalpa Khodijah, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dalpa Khodijah, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Dalpa Khodijah, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran seorang tour guide lokal begitu penting di destinasi bersejarah karena seorang tour guide lokal membantu wisatawan mendapatkan informasi dan wawasan tentang destinasi yang dikunjunginya sehingga wisatawan akan merasa puas. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Tour Guide Lokal Terhadap Kepuasan Wisatawan Lokal di Situs Megalitikum Gunung Padang Kabupaten Cianjur”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, mengumpulkan data dengan cara non probability sampling dengan jenis sampling kuota berjumlah 100 responden. Lokasi penelitian diadakan di Situs Megalitikum Gunung Padang yang berada di Kampung Cipanggulaan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, dari bulan April-Mei 2023. Dari hasil analisis membuktikan bahwa terdapat pengaruh secara simultan atau bersama-sama variabel bebas Reliability, Responsiveness, dan Assurance tehadap variabel terikat kepuasan wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F dimana F hitung > F tabel (51,271 > 2,70) dan nilai koefisien determinasi (adjusted R 2 ) sebesar 0,604 atau 60,4% dan sisanya 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, dengan demikian Ha diterima. Hal itu menunjukkan bahwa benar kualitas pelayanan tour guide lokal yang meliputi Reliability, Responsiveness, dan Assurance berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap Kepuasan Wisatawan lokal di Situs Megalitikum Gunung Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419100669
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, tour guide lokal, kepuasan wisatawan, situs pra sejarah
Subjects: Tourism > Guide
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:19
Last Modified: 09 Nov 2023 04:19
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item