Apriliani, Olivia Pramudya (2023) Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wistawan di Obelix Village Kabupaten Sleman. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
Text
Olivia Pramudya Apriliani, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (8MB) |
|
Text
Olivia Pramudya Apriliani, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
Olivia Pramudya Apriliani, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Dewasa ini banyak wisatawan yang mencari informasi mengenai suatu destinasi wisata yang ingin dikunjungi seperti harga, atraksi, aksesibilitas,hingga amenitas yang terdapat pada destinasi wisata tersebut. Informasi tersebut dapat bersumber dari internet dan media sosial salah satunya Instagram. Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif, hal ini dikarenakan instagram dapat digunakan untuk berbagi foto, hingga video. Obelix Village merupakan salah satu destinasi wisata baru dengan mengusung konsep “back to nature” yang menawarkan pemandangan pedesaan dengan hamparan sawah sehingga dapat memberikan suasana yang berbeda bagi wisatawan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dimensi electronic word of mouth (ewom) yaitu intensity, valence of opinion, content terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Obelix Village. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan pada responden dengan menggunakan teknik non probability sampling (sampel tanpa peluang). Jenis metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode pengujian data kuesioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang digunakan untuk menguji 30 responden sebagai responden semu (sampel kecil). Untuk analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2 ) dengan menggunakan 100 responden untuk menguji adanya pengaruh variabel electronic word of mouth (ewom) intensity, valence of opinion positive, content terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji F dapat disimpulkan bahwa terdapat dimensi electronic word of mouth (ewom) yang berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel (19,122 > 2,699) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho1 di tolak karena terdapat dimensi dari ewom yang mempengaruhi keputusan berkunjung. Hasil uji t menunjukkan bahwa electronic word of mouth (ewom) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan masing-masing nilai t hitung > t tabel (1,985). Berdasarkan nilai beta variabel intensity (0,220), valence of opinion positive (0,418), content (0,220) maka hal tersebut menunjukkan bahwa variabel valence of opinion positive adalah variabel yang paling kuat dalam mempengaruhi keputusan berkunjung. Dengan demikian Ho2 ditolak karena terdapat komponen dari (ewom) yang paling dominan terhadap keputusan berkunjung. Hasil koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa keputusan berkunjung dipengaruhi oleh dimensi atau komponen (ewom) sebesar 37,1% sedangkan sisanya sebesar 62,9% dipengaruhi oelh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 519101128 |
Uncontrolled Keywords: | electronic word of mouth, intensity, valence of opinion positive, content, keputusan berkunjung, Obelix Village |
Subjects: | Tourism Tourism > Ecotourism Economy > Marketing > Promotion Economy > Marketing > Digital Marketing |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 03:51 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 03:51 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2133 |
Actions (login required)
View Item |