Hidayati, Saniyatul (2023) Pengaruh Travel Experience Sharing di Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Silancur Highland Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
Text
Saniyatul Hidayati, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (8MB) |
|
Text
Saniyatul Hidayati, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Saniyatul Hidayati, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah unggahan Travel Experience Sharing di Media Sosial yang terdiri dari dimensi Recommendation Framing, Konsistensi Rekomendasi, Visual Cue, dan Kualitas Argumen memiliki pengaruh baik secara simultan maupun persial terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Silancur Highland Magelang, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan yaitu 30 responden semu untuk pengujian validitas dan reliabilitas dan 100 responden untuk pengujian hipotesis. Pengambilan sampel menggunakan Teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 255. Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier berganda didapatkan hasil Y = 2,345 + 0,106X1 + 0,459X2 + (-0,334)X3 + 0,257X4,. Melalui uji F didapatkan hasil F hitung sebesar 15,382 dan F tabel sebesar 2,47, maka Fhitung > Ftabel (15,382 > 2,47) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha 1 diterima. Kemudian dari hasil analisis Uji t memperoleh nilai t hitung variabel Recommendation Framing (X1) sebesar 1,1621, Konsistensi Rekomendasi (X2) sebesar 3,817, Visual Cue (X3) sebesar -3,396, dan Kualitas Argumen sebesar 2,395. Hal ini menunjukan bahwa terdapat satu variabel yang memiliki thitung paling besar yaitu variabel Konsistensi Rekomendasi (X2) dengan nilai t hitung sebesar 3,817. Hal ini berarti Ha 2 diterima. Dan dari hasil Koefisien Determinasi (R2 ) sebesar 0,368 atau 36,8%. Hal ini menunjukkan bahwa ke empat variabel Travel Experience Sharing berpengaruh terhadap variabel keputusan berkunjung wisatawan, akan tetapi masih terbilang lemah karena 0.30 ≤ 0.368 < 0.50. Sedangkan 63,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun saran untuk pengelola destinasi wisata Silancur Highland yaitu agar dapat memanfaatkan digital marketing dengan sebaik-baiknya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 519101208 |
Uncontrolled Keywords: | Travel Experience Sharing, Media Sosial, Keputusan Berkunjung Wisatawan |
Subjects: | Tourism Social Media Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Experience Tourism > Visitation > Visit Decision |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:20 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:20 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2148 |
Actions (login required)
View Item |