Strategi Promosi Wisata Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Museum Tani Jawa Indonesia Kabupaten Bantul DIY

Yusnita, Ernes (2021) Strategi Promosi Wisata Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Museum Tani Jawa Indonesia Kabupaten Bantul DIY. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (958kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Museum Tani Jawa Indonesia karena merupakan salah satu museum yang menjadi daya tarik di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi wisata dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Museum Tani Jawa Indonesia. Mendeskripsikan kondisi Museum Tani Jawa Indonesia mengenai potensi pariwisata, menganalisis strategi promosi yang dilakukan, menganalisis berbagai faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mempromosikan Museum Tani Jawa Indonesia. Sehingga dapat menciptakan strategi dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Untuk teknik cuplikan menggunakan teknik sampling purposive. Sampling purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu ini diartikan sebagai orang yang paling tahu mengenai apa yang di butuhkan untuk peneliti sehingga akan memudahkan peneliti menjelajahi objek yang diteliti. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan 10 orang responden dan 3 orang pengelola untuk di wawancara. Pengambilan lokasi penelitian di Museum Tani Jawa Indonesia Kabupaten Bantul DIY. Dalam pengambilan data dilakukan melalui pengelola Museum Tani Jawa Indonesia Berdasarkan penelitian Museum Tani Jawa Indonesia yang dilakukan pengelola melalui berbagai bentuk strategi promosi sudah cukup baik. Strategi promosi yang dilakukan oleh Museum Tani Jawa Indonesia telah menggunakan 5 perangkat utama bauran promosi yaitu advertising, salles promotion, personal selling¸ public relations, direct marketing. Namun saat ini strategi yang paling tepat dilakukan yaitu dengan advertising karena dengan museum tani sudah menjalin kerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan komunitas untuk mempromosikan Museum Tani Jawa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan dari hasil perhitungan faktor internal nilai x adalah 0,572353 dan faktor eksternal nilai y adalah 0,517201. Berdasarkan nilai diatas hasil nilai dua faktor nilai x dan y sama- sama memiliki nilai positif. Dari hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa objek wisata berada pada kuadran 1, sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan menciptakan strategi yang mengunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang agar bisa meminimalisir kelemahan dan ancaman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100804
Uncontrolled Keywords: Pariwisata , Strategi Promosi, Museum Tani Jawa Indonesia.
Subjects: Tourism
Tourism > Visitation Interest
Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pariwisata-SI
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 15 Dec 2021 07:06
Last Modified: 15 Dec 2021 07:06
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item