Hubungan Antara Pembelian Tiket Melalui Aplikasi Traveloka dan Direct Purchase Terhadap Keputusan Berkunjung di Sendratari Roro Jonggrang

Ayu, Debora Dinda (2020) Hubungan Antara Pembelian Tiket Melalui Aplikasi Traveloka dan Direct Purchase Terhadap Keputusan Berkunjung di Sendratari Roro Jonggrang. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (4MB)

Abstract

Saat ini terdapat banyak aplikasi perjalanan untuk wisatawan salah satunya adalah aplikasi Traveloka yang mendukung rencana perjalanan seorang wisatawan. Aplikasi traveloka sering kali menjadi pedoman bagi seorang wisatawan dalam perjalanan wisatanya. Terlebih dalam hal pembelian tiket masuk objek wisata. Saat ini pembelian tiket masuk sebuah objek wisata banyak didominasi oleh pembelian media online termasuk aplikasi Traveloka dibandingkan dengan pembelian tiket melalui media direct purchase atau pembelian langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelian tiket melalui aplikasi Traveloka dan direct purchase terhadap keputusan berkunjung di Sendratari Roro Jonggrang dan juga untuk mengetahui apakah benar aplikasi Traveloka mendominasi pembelian tiket di Sendratari Roro Jonggrang dibanding pembelian tiket secara langsung. Metode analisis yang digunakan adalah statistik inferensial yaitu analisis korelasi pearson product moment untuk menguji adanya hubungan antara 3 variabel yaitu variabel aplikasi Traveloka, variabel direct purchase, dan variabel keputusan berkunjung yang diwakili oleh jumlah pengunjung dengan menggunakan data sebanyak 80 responden yang dijadikan sampel penelitian. Pada penelitian ini juga dilakukan uji kelayakan instrumen yaitu uji validitas dan uji realibilitas. Penelitian ini juga menggunakan uji homogenitas untuk mengetahui variabel apa yang mendominasi. Setelah dilakukan beberapa teknik pengujian tersebut, penelitian ini mendapatkan hasil yang dapat menyatakan ada tidaknya hubungan dan kekuatan hubungan dari ke-3 variabel tersebut. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi dan uji hipotesis menunjukkan nilai pearson corelation = 0,843 pada variabel Traveloka dengan Keputusan Berkunjung, sedangkan pada variabel Direct Purchase dengan keputusan berkunjung didapati nilai sebesar -0,143 atau sangat lemah, kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai hubungan variabel Traveloka dengan keputusan berkunjung positif dan hampir sempurna. Sedangkan nilai hubungan variabel direct purchase dengan keputusan berkunjung sangat lemah. Nilai t hitung pada variabel Traveloka dengan keputusan berkunjung (13,864>1,980) yang menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan dan sangat kuat. Dari pernyataan diatas dapat menunjukkan bahwa masing-masing HO ditolak dan HA diterima, maka penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi bagi calon pengunjung di Sendratari Roro Jonggrang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100562
Uncontrolled Keywords: aplikasi, Traveloka, direct purchase, keputusan berkunjung.
Subjects: Tourism > Visitation
Social Media
Economy > Customer > Buying Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:18
Last Modified: 26 Jan 2022 02:18
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item