Dwiprabowo, Ichsan (2020) Pengaruh Antara Nilai Produk Wisata dengan Kepuasan Wisatawan di Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Nilai Produk Wisata yang terdiri dari Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, dan Fasilitas Tambahan terhadap kepuasan wisatawan di Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, dan Fasilitas Tambahan. Variabel dependen adalah Kepuasan Wisatawan. Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang sedang atau pernah berkunjung ke Gembira Loka Zoo, dengan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan Purposive Sampling dalam teknik pengambilan datanya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada wisatawan Gembira Loka Zoo secara online dikarenakan dalam fase pencegahan penularan virus COVID-19. Metode statistik menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan pengujian hipotesis melalui uji t secara parsial dan uji F secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan garis regresi sebagai berikut: Y = 7,072 + 0,785 x1 + 0,167 x2 + 0,546 x3 + 0,512 x4 + e. Hasil pengujian secara simultan diperoleh nilai Fhitung (50,932) > Ftabel (2,47) dan nilai sig (0,000) < 0,05 yang artinya secara simultan nilai produk wisata dengan variabel Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, dan Fasilitas Tambahan berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan. Berdasarkan uji t parsial diperoleh variabel atraksi nilai thitung (3,902) > ttabel (1,985) dan nilai sig (0,001) < 0,05 yang artinya berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, variabel aksesibilitas nilai thitung (1,096) < ttabel (1,985) dan nilai sig (0.276) > 0,05 yang artinya tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, variabel amenitas nilai thitung (2,251) > ttabel (1,985) dan nilai sig (0,013) < 0,05 yang artinya berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, variabel ancillary service nilai thitung (2,597) > ttabel (1,985) dan nilai sig (0,004) < 0,05 yang artinya berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Hasil koefisien determinasi (R ) sebesar 0,669 yang artinya 66,9 % kepuasan wisatawan dipengaruhi oleh produk wisata yang terdiri dari Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, danAncillary Service sedangkan sisanya yaitu 33,1 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti. 2
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 516100570 |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Produk Wisata, Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Ancillary Service, Kepuasan Wisatawan, Kebun Binatang |
Subjects: | Tourism > Accessibility Tourism > Amenities (Facility) Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction Science > Environmental Science > Conservation > Animal Conservation > Zoological Park |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:06 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:06 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/806 |
Actions (login required)
View Item |