Rizki, Hieronymus Meta (2021) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjunganwisatawan di Museum Monjali. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (850kB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (554kB) |
Abstract
Strategi promosi wisata sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kunjungan obyek wisata museum. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi promosi manakah yang tepat untuk digunakan oleh pengelola Museum Monjali dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengelola dan pengunjung di Museum Monjali. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu, hasil wawancara tentang strategi promosi terhadap pengelola Museum Monjali kemuadian dibandingkan atau dicek ulang dengan observasi lapangan. Teknik analisis data penelitian menggunakan tiga (3) tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi badan pengelola Monjali hanya menggunakan beberapa sub elemen bauran promosi sesuai kondisi.Dikarenakan terdapat beberapa faktor kendala yaitu keterbatasan anggaran dana, kurangnya SDM yang berkualitas, dan pandemi COVID19. Faktor kendalaberpengaruh pada kegiatan bauran promosi diantaranya penjualan perorangan, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan hubungan masyarakat. Dengan adanya evaluasi pada bauran promosi, Badan pengelola Monjali telah berhasil menggunakankegiatan bauran promosi melalui periklanan media sosial dan media elektronik padamasa pandemi ini, sehingga wisatawan yang berkunjung di museum Monjali meningkat selama tujuh bulan, dari bulan Januari - Juli tahun 2021 sekitar 20.158pengunjung.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 416100416 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Promosi, Kunjungan Wisata Museum Monjali. |
Subjects: | Economy > Marketing > Promotion Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 07:05 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 07:05 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1311 |
Actions (login required)
View Item |