Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawa di Desa Wisata Jamu Kiringan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul

Lupano, Yehuda Yudhistira (2019) Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawa di Desa Wisata Jamu Kiringan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (680kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan pariwisata pasca terbentuknya Desa Wisata Jamu Kiringan dan strategi pemasaran di Desa Wisata Jamu Kiringan serta kendala apa saja yang dihadapi dalam proses pemasarannya. Penelitian ini dilakukan di Desa Wisata Jamu Kiringan pada bulan Juni 2019 – Juli 2019. Data penelitian diperoleh dari proses wawancara (interview) dengan 4 informan terdiri dari pengelola desa wisata, pejabat desa (tokoh masyarakat), masyarakat yang terlibat dalam kegiatan pariwisata dan masyarakat yang tidak terlibat dalam kegiatan pariwisata. pengambilan cuplikan (sampling) dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, verifikasi atau menarik kesimpulan), analisis IFAS EFAS, dan analisis matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan Desa Wisata Jamu Kiringan cukup berkembang dengan adanya perbaikan dan penambahan 3A (atraksi, amenitas, aksesibilitas), namun masih kurangnya kegiatan promosi dalam memasarkan atraksi dan produk yang dimiliki. Hasil perhitungan faktor internal nilai x adalah 0,1507 dan faktor eksternal y adalah 0,9557. Dari perhitungan tabel IFAS EFAS menunjukkan bahwa nilai x dan nilai y sama-sama positifnya, sehingga posisi berada pada kuadran 1 pada analisis SWOT. Berarti dengan keadaan faktor ini menunjukkan bahwa Desa Wisata Jamu Kiringan berada pada posisi yang menguntungkan dimana Desa Wisata Jamu Kiringan memiliki kekukatan dan peluang yang dapat menutupi kelemahan dan ancaman yang ada dan sangat berpengaruh pada strategi pemasaran di Desa Wisata Jamu Kiringan. kuadran 1 menghasilkan strategi Strength – Opportunity (SO) dimana strategi yang tercipta antara lain membuat Taman Toga Raksasa yang berisi berbagai jenis tanaman jamu, meningkatkan kuantitas ekspor dan jaringan kerjasama internasional, menawarkan atraksi dan produk jamu kepada pelaku wisata untuk bekerja sama, merancang website resmi desa wisata yang berisi informasi lengkap mengenai Desa Wisata Jamu Kiringan dan juga sistem pemesanan paket wisata online disitus website tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 514100360
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Desa Wisata, Jamu, Kiringan
Subjects: Tourism > Tourist Village
Economy > Marketing > Marketing Strategy
Food and Beverage
Tourism > Visitation > Visitation Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:46
Last Modified: 11 Jan 2022 01:46
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item